Pertama Kali Solo Traveling dengan Pesawat? Siapkan 7 Hal ini Dahulu!

    Pertama Kali Solo Traveling dengan Pesawat? Siapkan 7 Hal ini Dahulu!

    JAKARTA - Solo traveling dengan pesawat terbang untuk pertama kali mungkin cukup mengerikan bagi beberapa orang. Apalagi perjalanan ini jarang dilakukan dan menempuh jarak yang cukup jauh. Rasa khawatir pasti muncul sebelum melakukannya.

    Padahal perjalanan dengan pesawat terbang khususnya Citilink atau beberapa maskapai terbaik Indonesia lain tidak semenakutkan itu. Asalkan sudah mempersiapkan segalanya dengan matang, solo traveling ke mana pun bisa berjalan dengan mudah.

    Apabila Anda merasa was-was dan ingin mengetahui seperti apa persiapan sebelum melakukan solo traveling dengan pesawat terbang. Bisa menyimak selengkapnya dalam artikel di bawah ini.

    1. Pilih Jam Penerbangan yang Tepat
    Hal pertama yang harus dipersiapkan ketika ingin melakukan penerbangan sendirian atau solo travelling adalah dengan memilih jam penerbangan yang tepat. Artinya penerbangan tidak dilakukan terlalu pagi ataupun terlalu malam.

    HUMAS.CO.ID
    market.biz.id HUMAS.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Berangkat terlalu pagi seperti dini hari, ada kemungkinan Anda akan sulit untuk pergi ke bandara. Sementara itu jika malam juga sulit mendapatkan kendaraan umum serta sedikit berbahaya.

    Apabila Anda memiliki kendaraan pribadi yang bisa mengantarkan menuju ke bandara jam penerbangan apa pun tidak masalah. Namun, disarankan cek juga tiba di lokasi jam berapa.

    Jika sampai lokasi masih malam, Anda akan lebih banyak menunggu hingga tersedia kendaraan umum atau menuju ke hotel. Jadi lebih baik untuk tiba di lokasi pada siang hari agar waktu tunggu untuk check-in tidak terlalu panjang.

    2. Coba yang Jaraknya Dekat
    Karena baru pertama kali melakukan Solo travelling dengan menggunakan pesawat terbang. Ada baiknya untuk mencoba jarak yang terdekat terlebih dahulu daripada jarak yang lebih jauh. Jarak yang terdekat seperti antar kota atau antar provinsi.

    DESTINASI.CO.ID
    market.biz.id DESTINASI.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Misal Anda melakukan perjalanan dari Surabaya ke Yogyakarta atau ke Jakarta. Dengan mencoba hal ini terlebih dahulu maka bisa memiliki pengalaman untuk Solo traveling dengan menggunakan pesawat.

    Apabila sudah terbiasa bisa memilih rute penerbangan yang lebih jauh seperti sampai ke kota di Sumatera, Kalimantan, atau sampai Papua. Jadi tidak merasa takut lagi dan terbiasa dengan apapun yang terjadi selama penerbangan.

    Nasi Goreng Gila
    market.biz.id Nasi Goreng Gila
    20% Rp 2.500
    Beli sekarang!

    3. Pilih Waktu yang Tepat
    Pemilihan waktu yang tepat ini sedikit berbeda dengan poin yang pertama. Untuk poin yang pertama kemungkinan Anda akan mendapatkan tiket dengan harga yang cukup tinggi karena berada di jam yang cukup mudah.
    Sementara itu apabila menggunakan poin yang ketiga ini Anda harus memilih waktu yang tepat untuk sedikit menghemat waktu. Karena waktu yang nantinya dipilih bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki.

    Jika menginginkan sedikit hemat karena ingin melakukan backpacker mungkin waktunya akan sedikit lebih pagi atau lebih malam. Itulah kenapa disarankan untuk memikirkan hal ini terlebih dahulu.

    4. Beli Tiket Maskapai Terbaik
    Ada baiknya untuk memilih maskapai yang terbaik sesuai dengan versi masing-masing. Karena setiap kategori maskapai akan memiliki keunggulan tersendiri seperti maskapai kelas atas ataupun maskapai kelas budget.
    Apapun jenis maskapai yang nantinya akan dipilih lebih baik dicek terlebih dahulu ketersediaan tiketnya dengan menggunakan Traveloka.

    Dengan memanfaatkan aplikasi tersebut Anda bisa mencari tahu seluruh tiket yang dijual di rute Indonesia.

    Bahkan jika di kemudian hari akan ada perjalanan ke luar negeri secara solo, Anda masih bisa melakukannya lagi tanpa merasa ketakutan.

    REPORTER.CO.ID
    market.biz.id REPORTER.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    5. Persiapkan Akomodasi Dahulu
    Perjalanan dengan menggunakan pesawat untuk melakukan solo travelling pertama kali bukan hanya masalah yang harus dihadapi oleh semua orang. Terkadang begitu sudah sampai di lokasi masalah baru akan muncul yaitu akomodasi.

    Ini harus diperhatikan dengan baik karena akomodasi yang sempurna akan membuat pengalaman liburan menjadi menyenangkan. Booking terlebih dahulu akomodasi baik itu hotel berbintang 3 ataupun hotel yang lebih berkelas lainnya.

    6. Siapkan Transportasi di Lokasi
    Siapkan transportasi selama berada di lokasi. Transportasi ini bisa dalam bentuk kendaraan sewa yang dipilih dari bandara ke akomodasi. Selain itu bisa juga memilih kendaraan umum jika memang tersedia.

    Selama berada di lokasi juga disarankan untuk menggunakan transportasi sewa seperti motor. Jadi mau ke manapun bisa berjalan dengan mudah.

    7. Selalu Siapkan Kontak Darurat
    Terakhir dan tidak kalah penting adalah selalu siapkan kontak darurat yang bisa dihubungi kapanpun diinginkan. Kontak darurat ini bisa kontak keluarga atau kontak dari kantor kepolisian terdekat yang ada di kota yang dikunjungi.

    Meski sudah berhati-hati seperti tidak pulang terlalu malam atau tidak sendirian ke tempat yang sepi. Berbagai tindak kejahatan bisa saja terjadi dan tidak disadari sebelumnya.
    Jadi siapkan kontak darurat yang bisa dihubungi sewaktu-waktu. Apabila ada indikasi tindakan kejahatan bisa langsung menghubungi kontak itu agar bisa segera dibantu dan perjalanan wisata tetap berjalan dengan baik.

    Solo traveling dengan pesawat terbang mungkin terlihat menyeramkan tetapi justru bisa menyenangkan apabila dipersiapkan dengan matang. Jadi usahakan untuk mempersiapkan segalanya sampai ke yang paling kecil.

    Gunakan juga aplikasi untuk travelling seperti Traveloka untuk menyewa kendaraan atau membeli tiket atraksi yang ada di area itu. Jadi perjalanan bisa lebih menyenangkan dan Anda juga memiliki alternatif harus melakukan aktivitas apa. (Adv)

    Jakarta Citilink
    Justisia

    Justisia

    Artikel Sebelumnya

    Andi Akmal Pasluddin: Masuk Musim Giling...

    Artikel Berikutnya

    Mulyanto Prihatin Cara Kerja Pemerintah...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    Syafruddin Adi

    Syafruddin Adi verified

    Postingan Bulan ini: 28

    Postingan Tahun ini: 2447

    Registered: Apr 8, 2021

    Afrizal

    Afrizal verified

    Postingan Bulan ini: 23

    Postingan Tahun ini: 1879

    Registered: May 25, 2021

    Indra Gunawan

    Indra Gunawan verified

    Postingan Bulan ini: 11

    Postingan Tahun ini: 665

    Registered: Nov 15, 2021

    Wijaya

    Wijaya verified

    Postingan Bulan ini: 10

    Postingan Tahun ini: 750

    Registered: Oct 11, 2021

    Profle

    Syafruddin Adi verified

    Cerita Rizalnutritionist dari UNAIR Menuju Cornell University
    UB dan Densus 88 Deklarasi Anti Radikalisme
    3 Mahasiswa UNAIR Asal Lamongan Ciptakan Bahan Bakar Alternatif dari Sekam
    I Putu Yoga : Tumbuhkan Kedamaian ditengah Beragam Perbedaan

    Rekomendasi

    Bupati Pamekasan Ajak Bergandengan Tangan Wujudkan Indonesia Emas 2045
    Kasal Tinjau Bakal Lokasi Mabes AL di IKN Nusantara
    Program Peduli Lansia Tetap Berjalan Selama Bupati Baddrut Tamam Memimpin Pamekasan
    Memasuki Musim Kemarau, Damkar bersama Call Center 112 Lakukan Sosialisasi Pencegahan Kebakaran
    Pentingnya UMKM Miliki Bekal Pengelolaan Keuangan Usaha

    Ikuti Kami